Jumat, 01 Juni 2012

PERCOBAAN MELDE


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mendasari perkembangan teknologi maju dan konsep hidup harmonis dengan alam yang mengandung banyak konsep yang bersifat abstrak., Sebagai cabang dari IPA maka Fisika memiliki karateristik sebagai berikut:
1.   Fisika merupakan kelompok ilmu pengetahuan yang terdiri dari fakta, konsep, prinsip, hukum, teori tentang gejala alam.
2.   Fisika merupakan kegiatan keilmuan berupa pemikiran, penelitian, observasi dan eksperimen. Melalui observasi dapat dipahami konsep fisika secara tepat.
3.   Fisika selalu bersifat progresif dan komulatif. Bersifat progresif maksudnya selalu berkembang maju kearah yang lebih baik atau lebih sempurna. Bersifat komulatif maksudnya setiap penemuan selalu berdasarkan pada penemuan-penemuan sebelumnya.
   Berdasarkan karakteristik fisika diatas, maka fisika harus dipelajari atau dipahami melalui kegiatan empiris. Salah satu bentuknya adalah dengan kegiatan percobaan atau peraktikum.
   Namun minimnya alat perktikum di sekolah membuat para guru harus lebih kreatif menyiasati kekurangan tersebut, salah satunya dengan membuat set alat peraktikum sendiri yang memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat dari lingkungan sekitar, sehingga pembelajaran fisika bisa menjadi lebih bermakna dan kontekstual. Hal inilah yang mendasari kami untuk membuat sebuah set alat percoabaan untuk memperlancar pelaksanaan pembelajaran di sekolah yaitu “Set Alat Percobaan Melde” yang dapat  menunjukkan gelombang transversal pada tali dan hubungan antara cepat rambat gelombang dengan tegangan tali.






1.2  Tujuan Pembuatan Alat
Adapun tujuan pembuatan alat percobaan melde ini adalah Untuk membuat set alat percobaan yang dapat  menunjukkan gelombang transversal pada tali dan hubungan antara cepat rambat gelombang dengan tegangan tali

1.3  Kegunaan alat dalam pembelajaran
Kegunaan alat dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut :
a.       dapat mempermudah guru dalam menjelaskan konsep gelombang transversal pada tali dan hubungan antara cepat rambat gelombang dengan tegangan tali.
b.      Mempermudah siswa dalam memahami konsep gelombang transversal pada tali dan hubungan antara cepat rambat gelombang dengan tegangan tali
c.       Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku. Setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui media menerima pesan yang sama.
d.      Pengajaran bisa lebih menarik. Media dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan.
e.       Pembelajaran menjadi lebih interaktif.
f.        Lama waktu pengajaran yang diperlukan lebih efisien.
g.       Pengajaran dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan atau diperlukan.
Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses belajar dapat ditingkatkan.












BAB II
PEMBUATAN ALAT

2.1  Desain Alat
            Desain alat seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Description: H:\ekperimen gmbar\12062011253.jpg
Description: H:\ekperimen gmbar\12062011254.jpg

2.2 Alat dan Bahan
                        Berikut alat dan bahan yang diperlukan :
1.      Alumunium
2.      Papan kayu
3.      Lubang penutup pintu
4.      Tali kasur
5.      Katrol
6.      Kabel penghubung
7.      Sekrup
8.      Beban gantung
9.      Meteran jahit

2.3 Cara pembuatan
1.      Pembuatan rel
a.       Menyambung batang alumunium mejadi rel seperti pada gambar.
b.      Memasang katrol di salah satu ujung batang rel.
c.       Memasang meteran jahit pada salah satu kaki rel.
Description: H:\ekperimen gmbar\12062011253.jpg


Description: H:\ekperimen gmbar\12062011254.jpg


2.      Pembuatan set alat Penggetar
Penggetar dibuat menggunakan dinamomotor  yang dipasangi besi pemutar.  Sedangkan kotaknya sendiri dibuat menggunakan kayu. Set penggetar seperti terlihat pada gambar.
Description: H:\ekperimen gmbar\12062011254.jpg Description: H:\ekperimen gmbar\12062011255.jpg








BAB III
UJI COBA ALAT
3.1. Judul percobaan/eksperimen yang digunakan untuk uji coba
            Judul percobaan/eksperimen yang digunakan untuk uji coba adalah  percobaan melde”.
3.2 Langkah Percobaan
1.      Menyiapkan alat dan bahan
2.      Mengikatkan beban gantung 50 gr dengan tali kasur
3.      Memasang beban gantung yang telah diikat tersebut pada penggetar dan katrol.
4.      Menyalakan penggetar yang telah dihubungkan sumber tegangan (power supply)
5.      Mengatur jarak penggetar dengan katrol 100 cm.
6.      Mengulang langkah ke-2 sampai ke-5 untuk beban yang lain.
7.      Mencatat hasil pengamatan.

A.   Tabel Hasil Percobaan
Tabel Pengukuran :
No
Massa beban     
 ( kg)
(m)
F
1.
0,05


2.
0,07


3.
0,08


4
0,100




                                                                                                          





DAFTAR PUSTAKA

Handayani, S dan Damari, A. 2010.  Fisika Untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta : Pusat Perbukuan Nasional
Suharyanto, dkk. 2010.  Fisika Untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta : Pusat Perbukuan Nasional



2 komentar:

  1. ee acho.....nda gambar tngkela dean ee....weee........informasi apa dta ruaa....
    hehehe

    BalasHapus